Skip to content

Pentingnya Mempelajari Ilmu Politik Yang Mengasyikkan

Pentingnya Mempelajari Ilmu Politik Yang  Mengasyikkan

Pentingnya Mempelajari Ilmu Politik Yang Mengasyikkan

Di era modern ini tentu kita semua sudah tidak asing dengan kata “politik”. Tapi saya yakin masih banyak orang yang belum mengerti sistem politik di Indonesia. Sistem politik itu sendiri adalah distribusi nilai-nilai atau otoritas wajib dan mengikat seluruh komunitas. Menurut pendapat saya, penting bagi orang Indonesia untuk memahami sistem politik di Indonesia, beserta alasannya.

Pertama, dengan memahami sistem politik di Indonesia, kita dapat memahami kekacauan politik yang dialami bangsa kita. Misalnya, jika ada perselisihan politik di negara kita, kita yang sudah memahami sistem politik setidaknya dapat memahami apa yang sedang terjadi.

Memahami peristiwa politik adalah awal dari perubahan bagi bangsa kita. Jika kita tidak memahami sistem politik di Indonesia, kita hanya bisa dimainkan oleh penguasa di bidang politik.

Kedua, dengan memahami sistem politik di Indonesia, kami dapat menyumbangkan pendapat kami ke Indonesia. Misalnya, ketika ada perselisihan politik, kita yang sudah memahami sistem politik Indonesia dapat bertukar pendapat melalui internet atau media sosial.

Harap dicatat, bahwa pendapat yang disampaikan harus masuk akal dan tidak boleh menggulingkan pihak lain. Karena jika kita tidak hati-hati dalam mengekspresikan pendapat kita, kita hanya bisa berurusan dengan pihak yang sah. Pendapat tidak harus datang dari para ahli hukum terkemuka. Pendapat masyarakat juga dapat membantu pemerintah menyelesaikan perselisihan politik.

Ketiga, kita dapat berpartisipasi aktif dalam politik dengan memahami sistem politik di Indonesia. Menurut Almond, bentuk-bentuk partisipasi politik ini dapat bersifat konvensional atau tidak konvensional. Contoh partisipasi konvensional: Voting, diskusi politik, kampanye, pembentukan pemangku kepentingan dan afiliasi, komunikasi individu dengan perwakilan politik.

Contoh partisipasi non-konvensional meliputi: Petisi, Demonstrasi, Konfrontasi, dan Mogok. Tetapi sebagai orang yang berpendidikan, kita harus menunjukkan partisipasi politik kita dengan cara yang baik. Sebagai contoh, selama demonstrasi, kita perlu menunjukkan sikap dan etiket yang baik di setiap demonstrasi. Kita perlu menunjukkan bahwa bangsa Indonesia bukanlah bangsa anarkis dalam melakukan demonstrasi.

Masa penerimaan mahasiswa baru sudah di depan mata. Waktunya siap-siap menanggalkan seragam putih abu-abumu dan berganti dengan jas almamater perguruan tinggi.

Eits, gak usah bingung menentukan jurusan saat kuliah nanti. Program Studi S-1 Ilmu Politik bisa jadi pilihan jurusan buat kamu mendaftar kuliah. Jangan salah, belajar tentang negara itu seru lho!

Apa saja keseruannya?

Ilmu politik adalah disiplin ilmu tertua

Ilmu politik adalah ilmu sosial tertua di dunia. Namun, dengan kelahiran negara ini, ide tentang negara telah berkembang. Pada saat itu, diskusi tentang politik lebih terhubung dengan sejarah dan filsafat.

Belajar pemikiran para filsuf

Sebagai disiplin ilmu sosial tertua, para filsuf memiliki gagasan tentang sebuah negara sejak zaman Yunani kuno tepatnya 450 v. Chr. Chr. Banyak digunakan. Sejak itu, gagasan tentang negara telah dikembangkan oleh para pemikir seperti Plato, Socrates dan Aristoteles.

Ilmu politik berkembang sesuai zaman

Apa pun yang dia tahu, dia pasti akan berevolusi sesuai waktu, kan? Seiring waktu, aspek yang Anda pelajari selama studi ilmu politik Anda juga akan berkembang. Studi politik tidak hanya mempelajari bentuk negara, tetapi juga masyarakat dan kepentingannya. Seperti jender, politik identitas, hubungan antara negara dan agama dan banyak lagi.

Belajar ilmu politik tidak hanya di kelas tetapi juga praktik di lapangan

Pengetahuan tidak hanya bisa diperoleh di ruang kelas. Jika Anda belajar politik, undanglah para dosen ke kuliah lapangan. Tujuannya untuk memahami fakta di sana.

Anda dapat yakin untuk bertemu dengan para pemimpin partai, perwakilan DPR dan daerah kabupaten / kota dan provinsi dan bahkan berdiskusi dengan para aktivis di organisasi non-pemerintah.

Bisa membuatmu lebih peka dengan kondisi negara

Jika Anda belajar tentang ilmu politik, Anda akan mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang negara dan semua aspeknya. Latar belakang ilmiah Anda dapat membuat Anda peka terhadap kondisi negara saat ini.

Mereka dapat menjawab pertanyaan seperti kasus korupsi pegawai negeri sipil, pemilihan kota serentak, multikulturalisme kepada perempuan.

Jika Anda peka terhadap keadaan negara, Anda harus memiliki motivasi untuk menyelesaikan masalah bangsa, bahkan di bagian paling bawah. Itu menyenangkan.

Sumber: https://ruangpengetahuan.co.id/

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

MANFAAT BUNGA ROSELLA UNTUK KESEHATAN

PENTINGNYA MEMPELAJARI ILMU EKONOMI