Skip to content

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

congresoeest.com – Ekosistem adalah nama yang diberikan kepada kesatuan alam dan lingkungan dengan makhluk hidup atau organisme yang hidup di dalamnya. Ekosistem membentuk hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi.

Biasanya, ekosistem berbeda tergantung pada lokasi, mis. B. ekosistem pesisir, ekosistem sungai, ekosistem laut, ekosistem laut, dll.

Setiap ekosistem di mana ada beberapa penghuninya. Penjelasan berikut mengacu pada pemahaman ekosistem dan komponennya di masterpendidikan.com

Ekosistem akan memiliki hubungan yang kuat dan menjadi bagian dari lingkungan. Banyak pemahaman tentang ekosistem ketika digambarkan secara individual. Pemahaman ekosistem berikut dijelaskan secara lebih rinci oleh para ahli, yang dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini:

Pengertian-Ekosistem
Pengertian Ekosistem

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

Menurut A.G. Tansley (1935)

Dia mengatakan ekosistem adalah unit ekologis (unit ekologis) di mana ada struktur dan fungsi. Struktur ekosistem terkait dengan keanekaragaman hayati atau, dalam bahasa Inggris, dengan keanekaragaman hayati.

Dalam ekosistem yang kompleks akan ada keanekaragaman hayati yang tinggi. Sedangkan fungsi yang diharapkan dalam ekosistem A.G. Tansley terkait dengan siklus dan aliran energi melalui komponen ekosistem.

Setelah Woodbury (1954)

Woodbury telah menyatakan bahwa istilah ekosistem adalah seperangkat unit kompleks di daerah yang berisi habitat, tanaman, dan hewan. Kondisi ini dianggap sebagai satu unit, sehingga semuanya dapat menjadi bagian dari siklus material dan aliran energi.

Menurut Odum (1993)

Definisi ekosistem Odum (1993) adalah seperangkat unit fungsional dasar dalam ekologi yang mencakup organisme dan lingkungan. Lingkungan dalam hal ini adalah lingkungan biotik dan abiotik di mana keduanya saling mempengaruhi.

Selain itu, ada juga komponen lengkap dalam ekosistem yang memiliki relung ekologis yang lengkap dan proses ekologis yang lengkap, sehingga dalam unit siklus material dan aliran energi berlangsung sesuai dengan kondisi ekosistem.

Menurut hukum lingkungan 1997

Memahami ekosistem adalah urutan cara yang koheren dan lengkap di mana semua elemen lingkungan berinteraksi. Elemen-elemen lingkungan ini dapat didefinisikan sebagai elemen biotik dan abiotik, baik makhluk hidup maupun benda mati.

Semuanya diatur dalam satu kesatuan dalam suatu ekosistem, yang masing-masing tidak dapat berdiri sendiri atau hidup sendiri, tetapi saling berinteraksi, saling mempengaruhi, berinteraksi satu sama lain sehingga tidak dapat dipisahkan.

Setelah Soemarwoto

Soemarwoto menjelaskan bahwa konsep ekosistem mencakup sistem ekologis yang dibentuk oleh adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan di mana mereka hidup.

Tingkat organisasi dalam suatu ekosistem disebut sistem karena memiliki komponen dan fungsi yang berbeda, tetapi terkoordinasi dengan baik sehingga setiap komponen di dalamnya dapat masuk ke dalam hubungan timbal balik yang harmonis.

Baca Juga :