Skip to content

Pengertian ASEAN: Arti, Negara Anggota, dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN: Arti, Negara Anggota, dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN: Arti, Negara Anggota, dan Tujuan ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara. Pada dasarnya pengertian ASEAN adalah asosiasi negara-negara Asia Tenggara yang merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Pendapat lain menyatakan bahwa makna ASEAN adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara tempat Indonesia berada.

Pengertian ASEAN adalah

ASEAN adalah singkatan dari Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara. Pada dasarnya pengertian ASEAN adalah asosiasi negara-negara Asia Tenggara yang merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Menurut Wikipedia, wilayah Asia Tenggara ini meliputi wilayah daratan 4,46 juta kilometer persegi dan wilayah lautnya 13,4 juta kilometer persegi. Populasi manusia di Asia Tenggara mencapai 600 juta orang, setara dengan 8,8% dari total populasi di dunia.

Sejarah ASEAN

Awalnya, tidak semua negara di kawasan Asia Tenggara termasuk dalam organisasi ini. Sejarah pembentukan ASEAN dilakukan melalui deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967, khususnya di Bangkok, Thailand.

Perwakilan menteri luar negeri dari 5 negara menandatangani deklarasi Bangkok yang berisi kerja sama untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, politik dan pendidikan di Asia Tenggara.

Lima angka yang mewakili negara-negara yang memulai ASEAN adalah;

  1. Adam Malik (Indonesia)
  2. Thanat Khoman (Thailand)
  3. Narsisco Ramos (Filipina)
  4. S Rajaratnam (Singapura)
  5. Abdul Razak (Malaysia)

Selanjutnya, beberapa negara Asia Tenggara lainnya mulai bergabung dengan ASEAN. Saat ini, kantor Sekretaris Jenderal ASEAN dipegang oleh H E Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam hingga 2022.

Negara anggota ASEAN

Sejauh ini ada 10 negara yang telah bergabung dengan ASEAN. Berikut ini adalah beberapa negara anggota ASEAN dan tahun mereka bergabung:

1 Indonesia, 8 Agustus 1967
2 Thailand 8 Agustus 1967
3 Filipina, 8 Agustus 1967
4 Singapura, 8 Agustus 1967
5 Malaysia, 8 Agustus 1967
6 Brunei Darussalam 7 Januari 1984
7 Vietnam, 28 Juli 1995
8 Laos, 23 Juli 1997
9 Myanmar, 23 Juli 1997
10 Kamboja, 30 April 1999

Selain negara-negara ini, Timor Timur juga telah mengajukan proposal untuk menjadi anggota ASEAN. Namun, proposal tersebut masih menunggu keputusan semua anggota ASEAN.

Prinsip-prinsip utama ASEAN

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, dalam menjalankan fungsinya, ada 4 prinsip dasar yang dipegang teguh oleh ASEAN, yaitu:

  • Menghormati independensi, kesetaraan, kedaulatan identitas nasional, dan integritas teritorial Negara-negara Anggota.
  • Secara umum bertanggung jawab dan berkomitmen untuk meningkatkan keamanan, kemakmuran, dan perdamaian di kawasan ASEAN.
  • Tolak agresi, penggunaan kekuatan atau ancaman yang menentang hukum internasional.
  • Berikan prioritas pada penyelesaian perselisihan dengan cara damai dan tidak ikut campur dalam urusan internal masing-masing anggota.
  • Baca juga: Memahami komunitas

Tujuan ASEAN

Pada dasarnya, organisasi ini adalah bentuk persatuan negara-negara di Asia Tenggara dengan tugas utama bekerja sama untuk menciptakan perdamaian dan keamanan bagi rakyat. Dengan mengacu pada pemahaman ASEAN, tujuan ASEAN adalah sebagai berikut:

  • Sebagai forum kerja sama dalam mempromosikan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya di negara-negara ASEAN.
  • Memperkuat basis perdamaian negara-negara ASEAN sehingga dapat menciptakan kemakmuran bagi semua anggota negara, tanpa mengurangi rasa hormat, keadilan dan hukum yang berlaku.
  • Secara aktif meningkatkan kerja sama dan bantuan timbal balik untuk mengatasi semua bentuk masalah di berbagai sektor demi kebaikan bersama.
  • Bekerja bersama untuk meningkatkan sektor pertanian, perikanan dan industri untuk meningkatkan kehidupan populasi mereka.
  • Menjaga dan memperkuat kerja sama dalam organisasi regional dan internasional.
  • Meningkatkan kualitas sains untuk negara-negara Asia Tenggara.
  • Saling membantu antara negara-negara Asia Tenggara, baik di bidang fasilitas pelatihan dan dalam penelitian di bidang pendidikan, profesi, administrasi dan teknik.
  • Meningkatkan berbagai alat komunikasi dan transportasi dan meningkatkan standar hidup mereka.
  • Kemajuan dalam Studi Asia Tenggara.

Ini adalah penjelasan singkat tentang pemahaman ASEAN, sejarah, negara-negara anggota ASEAN, prinsip-prinsip dasar dan tujuan ASEAN. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.

Sumber :https://rumus.co.id