Skip to content

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Semakin banyak jenis diet baru dan program pelatihan canggih diklaim dapat menurunkan berat badan. Cukup banyak ahli merekomendasikan makan sederet makanan rendah kalori untuk membantu mengurangi berat badan. Namun, pada kenyataannya bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat tanpa risiko efek samping?
Cara aman dan sehat untuk menurunkan berat badan

Ada banyak cara untuk mengurangi berat badan. Beberapa mungkin dapat menghasilkan hasil dengan cepat, tetapi yang lain mungkin tidak. Tidak jarang, metode diet atau program pelatihan yang salah justru bisa menimbulkan masalah.

Untuk menjaga agar berat badan tetap aman dan terkendali, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

  1. Tingkatkan asupan protein Anda

fungsi protein dan makanan protein

Protein sering dikaitkan dengan peningkatan massa otot dan berat badan. Padahal, konsumsi protein juga bisa menjadi cara sehat menurunkan berat badan. Ini karena tubuh membakar lebih banyak kalori selama pencernaan protein.

Makanan kaya protein juga memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan sehingga asupan makanan tetap terkontrol.

Mengacu pada penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, orang yang diet kaya protein bahkan dapat mengurangi asupan kalori lebih dari 400 kkal per hari.

  1. Batasi asupan gula Anda

Obesitas tidak selalu disebabkan oleh asupan lemak berlebih. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, tubuh Anda akan mengubah kelebihan gula menjadi tumpukan sel-sel lemak. Secara bertahap, sel-sel lemak berlipat ganda untuk menambah berat badan.

Karena itu, membatasi asupan gula adalah salah satu cara menurunkan berat badan. Batasi asupan gula Anda tidak lebih dari 4 sendok makan per hari. Kurangi juga makanan, camilan, dan minuman manis yang mengandung banyak gula.

  1. Makan makanan alami dan utuh

makanan rendah kalori

Mengurangi berat badan tidak berarti secara drastis membatasi asupan makanan. Sebagai gantinya, Anda perlu mengonsumsi makanan utuh yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, kacang-kacangan, biji gandum utuh dan sebagainya.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi makanan utuh akan membantu Anda membatasi asupan gula tambahan, lemak trans, dan kalori berlebih dari makanan olahan. Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan.

  1. Minumlah lebih banyak air

Minum air putih adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, terutama jika dilakukan sebelum makan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum 500ml air sebelum makan dapat meningkatkan konsumsi kalori sebesar 24-30 persen selama satu jam.

Selain itu, air minum juga mencegah dehidrasi. Dehidrasi terkadang menyebabkan gejala seperti lapar. Anda mungkin salah mengenali gejala ini, jadi makanlah lebih banyak. Dengan minum air yang cukup, Anda dapat menghindari kondisi ini.

  1. Makan perlahan

makan perlahan

Jika Anda makan terlalu cepat, Anda akan mengkonsumsi banyak kalori sebelum tubuh Anda menyadari bahwa Anda sudah merasa kenyang. Akibatnya, tubuh cenderung mengonsumsi banyak kalori setiap kali makan.

Itu sebabnya orang yang makan cepat lebih berisiko mengalami obesitas. Sebaliknya, makan perlahan akan membantu Anda membatasi asupan kalori dan memicu produksi hormon yang menurunkan berat badan.

  1. Tingkatkan konsumsi serat

Makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian membuat Anda merasa cepat kenyang. Serat kenyang bisa bertahan lama, jadi jangan makan berlebihan.

Tidak hanya itu, serat juga dapat menunda pengosongan lambung dan memicu produksi hormon penuh. Beberapa jenis serat bahkan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Bakteri ini akan membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Berolahraga secara teratur

Diskusikan cara menurunkan berat badan yang tidak lengkap tanpa olahraga. Alasannya adalah olahraga bermanfaat untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Dengan cara ini, kalori tidak akan menumpuk dan berubah menjadi timbunan lemak.

Jenis latihan yang paling efektif untuk penurunan berat badan adalah latihan aerobik. Misalnya berjalan, jogging, berenang, dan bersepeda. Latihan aerobik membuat tubuh membakar lebih banyak lemak untuk mengurangi penurunan berat badan.

Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Mulai dari menjalani program diet, olahraga teratur, hingga membatasi asupan makanan tertentu. Pastikan untuk mengikuti semua langkah ini untuk hasil yang optimal.

Baca Juga :