Skip to content

Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Bunga Rosella adalah bunga dengan nama Latin (Hibiscus sabdariffah) dan asli ke benua Afrika. Bunga rosella umumnya digunakan sebagai minuman atau sirup. Rasa asam dari kelopak memberikan rasa segar dan karenanya cocok sebagai minuman / sirup. Tumbuhan yang bunganya biasanya dikonsumsi hanya sebagai minuman penyegar. Ternyata memiliki banyak keunggulan.

Pohon rosella tumbuh dari biji dengan ketinggian 3-5 meter dan mekar hampir sepanjang tahun. Bunga rosella berwarna merah cerah, kelopaknya merah tua dan tebal. Bagian dari bunga Rosella yang dapat diolah menjadi makanan adalah kelopak (kaliks), yang memiliki rasa asam.

Kelopak ini dapat diolah menjadi berbagai persiapan, misalnya. Untuk minuman, agar-agar, saus, bubuk (teh) atau manisan rosella. Daun muda rosela juga bisa dimakan sebagai hiasan atau salad. Pohon rosella adalah sejenis tanaman yang mudah ditanam. Cara menanamnya dengan biji kering lalu tabur.

Tanaman herbal ini mampu bertindak sebagai antiseptik, zat. Ramuan ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, lesu, demam, tekanan, gusi berdarah dan untuk pencegahan penyakit hati.

Kandungan Bunga Rosella

Bunga rosella kaya akan vitamin C dan beta-karoten. 100 g Rosella mengandung 260 hingga 280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. Kandungan vitamin C tiga kali lipat dari anggur hitam, sembilan kali lipat dari buah jeruk, sepuluh kali lipat dari buah belimbing dan dua setengah kali lebih banyak biji.

Selain itu, Rosella mengandung banyak kalsium (486 mg / 100 gr) dan Omega 3. Rosella juga
Diperkaya dengan vitamin A, zat besi, kalium, beta-karoten dan asam esensial.

Khasiat Bunga Rosella

Manfaat Rosella termasuk mengurangi asam urat, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi berat badan, menghambat sel kanker, mencegah mulas dan sariawan, meningkatkan vitalitas, menghilangkan batuk, dan mencegahnya masuk angin, mencegah flu, antioksidan , antidepresan, antibiotik, afrodisiak antibiotik, diuretik (urin pencahar), obat penenang, tonik dan mengurangi asupan alkohol.

Penggunaan Roselle Petals terkenal dan diteliti oleh para profesional kesehatan modern dan profesional kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Diketahui bahwa kelopak bunga mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium dan 18 jenis asam amino, termasuk arginin dan legnine, yang berperan dalam peremajaan sel-sel tubuh.

Secara tradisional, ekstrak Roselle Calyx adalah antibiotik, afrodisiak (peningkatan hasrat seksual), diuretik (buang air kecil), pelarut, obat penenang (obat penenang) dan tonik.

Pada anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak, karena mengandung asam lemak omega-3, merangsang pertumbuhan DNA dan melindungi terhadap infeksi kuman, memiliki efek antibakteri, antivirus dan anti-keracunan.

Rosella mengandung goosypetin, anthocyanin, antioksidan dan glucoside hibiscin, yang berguna sebagai pencahar (diuretik), menurunkan kekentalan darah, menurunkan tekanan darah dan merangsang peristaltik usus. Arginin dan lignin, yang berperan dalam peremajaan sel-sel tubuh.

Manfaat Teh Rosella Bagi Kesehatan

Teh rosella memiliki banyak manfaat kesehatan. Asam buah dalam teh bunga Rosella bertindak seperti pencahar. Beberapa bahan kimia lain di dalamnya juga mengurangi tekanan darah, mengurangi kejang di perut, usus dan rahim, dan bertindak seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan cacing. Manfaat lain dari teh Rosella termasuk:

  • Demam
  • Penyakit jantung dan saraf.
  • Nyeri saluran pernapasan atas.
  • Retensi cairan.
  • Iritasi lambung.
  • Dahak mengembang.
  • Sebagai diuretik untuk meningkatkan pengeluaran urin.
  • Efek kemopreventatif. Komponen bunga rosella telah menunjukkan potensi sebagai agen kemopreventif terhadap tumor. Komponen ini juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Sumber: https://tokobungalampung.com/

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

PENTINGNYA MEMPELAJARI ILMU EKONOMI

RESEP SEHAT DAN LEZAT DAUN MELINJO