Skip to content

Legenda Adalah – Pengertian, Ciri-Ciri Dan Jenis-Jenis

Legenda Adalah – Pengertian, Ciri-Ciri Dan Jenis-Jenis

Legenda Adalah – Pengertian, Ciri-Ciri Dan Jenis-Jenis

Legenda adalah: apa itu legenda? Legenda adalah cerita atau cerita yang memiliki karakter atau ciri yang mirip dengan mitos. Untuk lebih jelas, kita akan membahas legenda dimulai dengan Pengertian, karakteristik dan jenis legenda. Jadi lihat ulasannya di bawah ini.

Definisi legenda

Legenda adalah prosa populer yang dianggap oleh mereka yang memiliki cerita sebagai sesuatu yang sebenarnya terjadi. Legenda ini sering dianggap sebagai sejarah kolektif. Meskipun, karena tidak ditulis, ceritanya terlalu sering terdistorsi sehingga sangat berbeda dari cerita aslinya.

Legenda adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang sejarahnya terhubung dengan tokoh sejarah dan dipenuhi dengan mukjizat, mukjizat dan spesialisasi karakter.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gagasan legenda adalah cerita rakyat kuno yang berhubungan dengan peristiwa sejarah.

Definisi legenda menurut ahli

Buku kata sari Indonesia
Menurut kata bahasa Indonesia Sari, makna legenda itu adalah cerita rakyat di masa lalu yang berkaitan dengan suatu peristiwa atau asal suatu daerah.

Emeis
Menurut Emeis, makna legenda adalah cerita atau kisah kuno yang setengahnya berdasarkan sejarah dan setengahnya lagi berdasarkan angan-angan.

Hooykaas
Menurut Hooykaas, makna legenda adalah dongeng tentang beberapa hal berdasarkan cerita yang mengandung hal ajaib atau peristiwa yang menunjukkan kebesaran.

Karakteristik legenda

Mengenai karakteristik atau karakteristik legenda, termasuk:

  • Itu dianggap sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi
  • Itu duniawi atau duniawi
  • Tokoh-tokoh legenda umumnya manusia
  • Kisah kolektif adalah cerita yang terdistorsi karena berbeda dari kisah aslinya.
  • Mereka adalah migrasi atau perpindahan.
  • Mereka bersifat siklis, dalam arti menceritakan karakter pada saat tertentu.

Jenis-jenis legenda

Adapun berbagai jenis legenda, termasuk:

Legenda agama
Legenda orang-orang kudus Kristen, para dewa, para penyebar agama Islam. Contohnya adalah sejarah garam sanga di Jawa yang telah banyak berkembang di masyarakat.

Selain itu ada juga peninggalan mereka berupa makam atau panggilan suci. Relatif dengan jenis legenda ini, jika seseorang melihat pada kelompok-kelompok yang sering dibuat oleh Rusyana et al., Salah satunya milik kelompok legenda agama ini, khususnya legenda penyebaran Islam.

Legenda misterius
Legenda okultisme ini menceritakan tentang kepercayaan pada hal-hal gaib. Contoh-contoh legenda ilmu gaib termasuk kisah Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan.

Legenda individu
Legenda yang menceritakan tentang beberapa karakter yang akan dipertimbangkan oleh pemilik cerita sebenarnya terjadi. Legenda kelompok ini jika kita melihat lebih dekat atau bahkan membandingkan diri kita dengan pengelompokan legenda menurut Rusyana et al, akan dimasukkan dalam kelompok kedua yang merupakan legenda pahlawan komunitas atau pengembangan budaya.

Keduanya sering disebut demikian dengan pertimbangan bahwa kedua kelompok dapat bercerita tentang tokoh dan bahkan orang yang telah melakukan sesuatu yang masih dianggap kebenaran oleh kebanyakan orang.

Legenda Setempat
Legenda atau cerita yang berkaitan dengan suatu tempat, nama tempat atau juga bentuk tofografi, bentuk mana dari suatu daerah, apakah berbukit-bukit, berjurang atau yang lain sebagainya.

Legenda lokal ini merupakan tempat golongan legenda yang paling banyak dikunjungi. Seperti yang telah di jelaskan di atas, hal yang sangat penting untuk penelitian sejarah, tradisi lisan bukan kebenaran faktanya.

Untuk dapat mencari fakta yang dikeluarkan, sumber yang diterbitkan, karena memuat tentang awal kali cerita-cerita itu akan dikenal di masyarakat, belum mengenal tradisi menulis.

Demikianlah ulasa kami tentang Legenda, Semoga bermanfaat…

Sumber : https://rumusrumus.com/