Skip to content

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan
Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan adalah tulang yang ada di pergelangan tangan dan siku dan memiliki otot untuk menggerakkan tangan.

Tulang ini terkandung dalam jenis tulang pendek atau tulang karpal. Seperti namanya, tulang ini bulat dan pendek. Seperti halnya tulang pergelangan tangan, ada juga tulang pendek di pergelangan kaki dan tulang belakang.

Pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang pendek, yang terkandung sebagai semacam tulang keras. Tulang pergelangan tangan dibentuk oleh sel-sel tulang yang memiliki saluran yang disalurkan dengan pembuluh darah.

Struktur tulang pergelangan tangan yang kuat dan kuat mengandung kalsium karbonat dan senyawa kapur kalsium fosfat, yang diperoleh melalui aliran darah.

Nah, bagaimana komponen dari tulang pergelangan tangan, di bawah ini sudah contohsoal.co.id rangkum beberapa penjelasannya simak ulasannya sebagai berikut ini.

Penyusun Tulang Pergelangan Tangan

Wrist Bone adalah nama kolektif dari tulang karpal dalam jangkauan kelas atas kami. Delapan tulang telah membentuk titik antara lengan dan tangan, berikut adalah delapan tulang yang membentuk pergelangan tangan:

  • skafoid
  • Lunatum (orang gila)
  • Trikuetrum
  • pisiforme
  • Trapesium (minus multangulum)
  • Trapeze (Multangulum majus)
  • Kapten (capitatum)
  • Hamate (Hematum)

Kedelapan tulang ini disusun dalam barisan distal dan proksimal. Setiap baris terdiri dari empat tulang, yaitu:

  • Garis distal terdiri dari trapeze, trapezium, capitatum dan hematum
  • Garis proksimal terdiri dari skafoid, bulan sabit, trikoma, dan pisiformis
  • Garis melintang memberi pergelangan tangan bentuk yang unik. Tulang pergelangan tangan memiliki bentuk cekung secara distal, tetapi permukaan proksimal memiliki bentuk cembung.

Ketika mereka lahir, tulang-tulang pergelangan tangan adalah tulang rawan, tetapi pada tahun-tahun pertama dan selanjutnya, hingga usia dua belas tahun, mereka mengalami proses osifikasi yang lambat.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tahukah Anda bahwa tulang pergelangan tangan atau disebut juga tulang karpal, dapat dibagi menjadi 3 kategori, sebagai berikut:

  1. Tempatkan tali yang terpasang

Kedelapan tulang itu dapat dihubungkan satu sama lain dan ke tulang lain melalui ligamen. Volume ini sendiri dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

Ligamen pada pergelangan tangan memiliki fungsi menghubungkan tulang karpal ke jari-jari dan ulna.
Ligamen intercarpal yang menghubungkan tulang-tulang intercarpal.
Karpal bergabung dengan Metacarpal melalui band Carpometacarpal.

  1. Mendukung gerakan

Fungsi tulang pergelangan tangan membentuk gerakan vertikal yang mencakup fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerakan ke bawah pergelangan tangan, sedangkan ekstensi adalah gerakan ke belakang.
Fungsi tulang pergelangan tangan adalah membentuk rotasi lengan bawah, yang terdiri atas gerakan supinasi dan pronasi.
Deviasi ulnaris adalah pergerakan tulang karpal ke sisi ulnaris, sedangkan deviasi radial menunjukkan ekstensi tangan ke sisi lateral.

  1. Relatif dengan struktur anatomi

Setiap tulang pergelangan tangan memiliki karakteristiknya sendiri yang berkontribusi pada fungsi tertentu di pergelangan tangan. Seperti fungsi tulang pergelangan tangan di sebagian besar permukaan skafoid, yang ditutupi oleh tulang rawan artikular, fungsinya adalah untuk menjembatani sendi antara dua baris tulang pergelangan tangan.

Tulang pisiformis adalah tulang berbentuk kacang yang berartikulasi dengan truetrum pada permukaan dorsalnya dan berfungsi sebagai tempat fiksasi untuk berbagai tendon dan ligamen.

Trapesium terletak di dekat garis distal antara skafoid dan pangkal tulang metacarpal pertama. Ini memiliki segi bentuk pelana untuk artikulasi dengan tulang metacarpal pertama dan memiliki fungsi menciptakan ruang untuk beberapa tendon dan ligamen untuk disilangkan atau diserang.

Tulang-tulang yang dicintai membentuk batas ulnar dari garis karpal distal, yang berfungsi untuk melindungi arteri dan saraf ulnaris dan untuk mengamankan beberapa ligamen.

Secara umum, tulang tangan menemukan susunannya dalam tiga lengkungan: satu memanjang lengkung, memanjang lengan dan dua lengkung melintang, satu pada tingkat tulang metacarpal dan lengkung melintang kedua pada tingkat karpus. Anatomi ini memiliki fungsi mekanis yang membantu tangan untuk menangkap objek.

Secara khusus, fungsi tulang pergelangan tangan dilihat oleh susunan tulang pergelangan tangan di lengkung melintang, yang membentuk lantai karpal, dan dengan fungsinya mendukung dan melindungi tendon fleksor jari dan saraf median.

Skafoid dan trapeze keduanya memiliki tubercles yang menonjol yang menonjol ke depan dan tidak hanya berkontribusi secara signifikan pada anatomi tulang karpal, tetapi juga memberikan basis dukungan ibu jari untuk lebih meningkatkan kemampuan tangan untuk menangkap objek.

Letak Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan terletak di ekstremitas (anggota badan) di atas kerangka manusia. Tulang adalah jembatan penghubung antara ulna (tulang siku) dan jari-jari (pengumpul tulang) dan tulang metacarpal (tulang telapak tangan).

Balok diartikulasikan secara proksimal ke tulang pergelangan tangan. Tulang metacarpal diartikulasikan terhadap permukaan distal tulang karpal.

Berikut adalah posisi 8 tulang pergelangan tangan:

  • Skafoid terletak di tepi radial dan diarahkan ke sisi ibu jari.
  • Lunate ditemukan pada artikulasi dan jari-jari ulna. Tulang ini terletak di tengah-tengah barisan karpal proksimal.
  • Trikrom terletak di sisi ulnaris tanpa sendi ulna. Tulang piramidal ini terletak di bagian tengah baris proksimal.
  • Pisiformis adalah yang terakhir dari garis proksimal dan menandai tepi ulna.
  • Trapesium terletak di atas skafoid dan membentuk batas radial garis melintang distal.
  • Trapezium membentuk tulang kedua dari barisan distal dan menembus hampir antara trapezium dan capitatum tulang karpal.
  • Capitate adalah pusat dari tulang pergelangan tangan dan sering disebut sebagai pergelangan tangan. Itu terletak di permukaan distal ulna dan jari-jari.
  • Hamate menandai batas ulnar dari baris melintang distal.

Gangguan pada Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan dapat memiliki berbagai kelainan. Berikut ini beberapa masalahnya:

a. Tulang skafoid yang patah

Ini dapat terjadi jika terjadi jatuh atau kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang skafoid di pergelangan tangan (patah atau patah). Fraktur skafoid juga menyebabkan gejala klinis seperti nyeri dan pembengkakan di sekitar kotak tembakau anatomi. Proses penyembuhan fraktur skafoid dapat dilakukan dengan perawatan khusus oleh dokter dan gips.

b. Carpal Tunnel Syndrome

Sindrom ini menyebabkan cedera pada tangan dan lengan karena saraf terjepit di pergelangan tangan. Jika saluran sempit di pergelangan tangan (carp carp), yang berfungsi melindungi saraf tangan, dan tendon sembilan jari berada di bawah tekanan, saraf merasakan sakit, yang melemahkan fungsi tangan.

Proses penyembuhan sindrom carpal tunnel dilakukan dengan meminimalkan penggunaan pergelangan tangan untuk jangka waktu tertentu sampai kondisi tangan mulai membaik.

Selain itu, penggunaan perban dan belat dapat menstabilkan area yang terkena, dan dalam beberapa kasus, analgesik dapat digunakan.

Hampir semua aktivitas kita sehari-hari tidak lepas dari tangan kita, seperti menulis, makan, minum dan sebagainya. Fungsi tulang pergelangan tangan sebagai alat untuk gerakan tangan sangat penting agar terlindungi dan disembuhkan dengan benar sehingga aktivitas hidup kita berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan.

Baca Juga :