Skip to content

5 Cara Meningkatkan Asupan Gandum Saat Diet

5 Cara Meningkatkan Asupan Gandum Saat Diet

5 Cara Meningkatkan Asupan Gandum Saat Diet

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Diet dan peningkatan aktivitas fisik adalah kuncinya. Selain mengurangi porsi makanan berkalori tinggi, perlu juga menambah beberapa pilihan makanan, seperti gandum. Mengapa asupan gandum harus meningkat selama diet? Lantas bagaimana cara menambah asupan Anda?

Mengapa gandum begitu baik untuk diet?

Diet sebenarnya tidak mengurangi porsi makanan. Memahami diet itu sendiri mengacu pada membangun pola makan tertentu yang dikelola seseorang.

Sereal adalah salah satu komposisi yang sering ada pada menu diet. Tentu saja, makanan ini biasanya merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral.

Salah satu jenis biji-bijian, biji-bijian utuh, adalah makanan yang direkomendasikan ketika seseorang ingin menurunkan berat badan.

Diketahui bahwa gandum utuh mengandung serat yang agak tinggi. Serat ini membantu Anda kenyang lebih lama. Hasilnya, keinginan Anda untuk makan setelah jam kerja dapat ditekan.

Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh Penn State University mengatakan bahwa biji-bijian dapat membantu menghilangkan kelebihan lemak. Dalam penelitian tersebut, para peneliti membagi dua kelompok peserta, mereka yang makan gandum utuh dan makan gandum olahan, menurunkan berat badan.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi gandum efektif untuk menurunkan berat badan.

Dari penelitian ini, gandum utuh juga diketahui lebih unggul karena juga mengurangi kadar protein C-reaktif. Protein C-reaktif adalah protein yang diproduksi oleh hati ketika tubuh meradang.

Kadar protein C-reaktif yang tinggi dapat menjadi tanda bahwa seseorang berisiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Tips meningkatkan asupan gandum selama diet

Sekarang Anda sudah tahu kebaikan makan gandum saat sedang diet. Jadi bagaimana Anda bisa mendapatkan biji-bijian yang cukup ketika sedang diet? Untuk menghindari kesalahan, ikuti beberapa saran di bawah ini.

  • Pilih gandum utuh

Ada banyak pilihan gandum untuk dipilih, seperti pasta, roti gandum, gandum, quinoa, beras merah atau popcorn. Namun, gandum terbaik adalah gandum utuh, bukan gandum olahan.

Jadi selalu periksa label paket sebelum membelinya. Biji-bijian utuh umumnya ditandai dengan 100% biji-bijian utuh yang tertulis pada paket.

  • Pilih gandum untuk sarapan

Untuk menambah asupan biji-bijian saat sedang diet, makanlah gandum sebagai menu sarapan. Anda dapat memilih quinoa atau oatmeal dengan tambahan susu rendah kalori atau yogurt tawar.

Anda juga bisa mencoba menyiapkan sandwich dengan roti gandum. Tambahkan potongan daging dan sayuran tanpa lemak untuk sarapan yang lebih sehat.

  • Gabungkan makan siang dengan gandum

Jika Anda biasanya makan nasi putih, coba ganti dengan nasi merah. Anda juga bisa menggantinya dengan pasta berbasis gandum.

Kombinasi pasta gandum, keju, tomat, paprika, dan daging irisan dapat menjadi menu makan siang Anda selama diet. Gunakan gandum utuh sebagai tambahan pada sup atau salad Anda, seperti gandum.

  • Nikmati gandum sebagai makanan ringan

Siapa bilang kalau tidak diperbolehkan ngemil diet? Anda bisa makan camilan, asalkan pilihan makanan dan porsinya sesuai. Anda bisa makan buah sebagai camilan saat Anda melakukan diet. Namun, Anda juga bisa memiliki camilan dengan jagung popcorn sehingga semakin banyak gandum yang Anda makan.

Jadi jangan bosan, Anda bahkan bisa membuat kue gandum buatan rumah. Gunakan oatmeal atau oatmeal sebagai dasar untuk membuat muffin, cupcakes, waffle atau pancake yang biasa Anda buat.

  • Terus memperhatikan perekrutan

Meskipun gandum utuh sangat dianjurkan untuk diet, pastikan porsinya tidak melebihi batas. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika Anda ingin menambahkan gandum sebagai diet penurunan berat badan.

Juga, jangan lupa untuk menyeimbangkan diet Anda dengan aktivitas fisik, seperti olahraga teratur. Kombinasi keduanya akan lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada yang Anda inginkan.